Thursday, November 14, 2013

Business Partner dalam Compiere


Business Partner dalam Compiere



Business Partner adalah gabungan untuk informasi database yang terdiri dari Vendor (Pemasok), Customer (Pelanggan) Dan Employee (Karyawan)  yang hendak melakukan proses pembelian,  penjualan atau transaksi lainnya. Konsep Business Partner ini  jauh lebih fleksibel dibanding kebanyakan aplikasi, karena suatu Business Partner bisa merupakan suatu Vendor, suatu Customer, suatu Employee atau kombinasi ke tiganya. Setiap Business Partner memiliki banyak Location dan Contact Person, sehingga dalam proses penjualan dan pembelian barang dapat mengacu pada lokasi dan kontak yang berbeda-beda. Kasus yang sering terjadi adalah pembelian di Jakarta, tetapi pengiriman barang ke tempat atau wilayah lain.



Setup Business Partner

Satu Business Partner diijinkan juga mempunyai hubungan dengan Business Partner lain. Ini mengijinkan suatu Sales Order untuk dikirimkan kepada suatu Business Partner yang pertama, dan tagihan invoice kepada suatu Business Partner yang kedua Dan Pembayaran dilakukan oleh Business Partner yang ketiga.



Workflow Setup Business Partner:



Seperti digambarkan pada Workflow, langkah langkah Setup Business Partner adalah sebagai berikut:
Membuat Business Partner Group kita dapat membuat partner bisinis pada halaman kerja ini dengan menuliskan jabatannya pada nama dan penjelasanya pada description


 
Setup Greeting
Greeting disini kita dapat mensetting setiap staff atau semau anggota pada perusahaan dapat kita setting sapaan pada lembar kertas kerja ini.

Menentukan Payment Term
Untuk Sales Order dan Purchase Order
 



Menentukan Invoice Schedule
Schedule disini kita dapat menentukan apa yang harus dikerjakan pada minggu ini seperti : pengiriman barang, peringatan jatuh tempo kepada kita pada pelanggan yang belum melunasi hutangnya. Invoice schedule untuk membuat invoice pada pelanggan tergantung pesanan pelanggan apakah dia membayar seminggu sekali atau sebulan sekali.




Menentukan Withholding
Withholding disini berarti menahan barang karena pelanggan belum bisa melunasi pembayaranya dapat kita masukan disini.




Menentukan Dunning

Kita dapat menentukan jika pelanggan belu melunasi disini dapat kita setting bahwa pelanggan itu belum di waktu yang telah habis dan dapat kita setting berapa kuranganya untuk mengingatkan pelanggan.


Menentukan Revenue Recognition
Disini kita dapat melihat pendapatan kita selama setahun berapa. Dan dapat kita setting sebagai target pendapatan setahun serta pendapatan yang telah di dapat.




Import Business Partner

Lembar kerja ini digunakan untuk mengambil data dari tempat lain.





Membuat / Update Business Partner

di lembar kerja ini dapat kita edit data – data yang ada pada bisnis partner




No comments:

Post a Comment