Sunday, March 18, 2012

Membuat Database Menggunakan Visual Basic

Untuk membuat database pada Visual Basic, pertama-tama masukan ADODC dan Datagrid pada Toolbox. Caranya : CTRL+T, pilih Control tab, ceklist Microsoft ADODC Control 6.0 dan Datagrid Control 6.0. atau dengan cara klik kanan pada toolbox lalu ceklist Microsoft ADODC Control 6.0 dan Datagrid Control 6.0.

Pada form 1 buat lembar kerja seperti berikut :


Membuat menu editor yaitu klik pada tools lalu pilih menu editor. Atau cara cepatnya dengan menggunakan CTRL+E. Setelah klik pada menu editor isi caption dan name dengan menu apa yang akan di buat menu editor . contoh Caption : database, Name database. Lalu klik next dan tanda panah kebawah. Jika ingin membuat sub menu atau menu bercabang klik next lalu pilih gambar anak panah kesamping kanan.
Di dalam menu editor masukkan kodingan seperti diatas. Maksud dari koding di atas yaitu menutup lembar kerja pada form 1 dan menampilkan lembar kerja yang ada di form 2. Dan pada menu exit dimasukkan kodingan end saja karena end untuk mengakhiri program yang sedang berjalan atau untuk keluar dari program yang sedang berjalan.
Klik kanan pada form pilih add lalu klik form untuk menampilkan form baru dan buat form seperti di bawah ini.

 
Pada command button add, delete,clear, dan exit masukkan koding seperti diatas.
Koding pada command button add akan berjalan ketika pada record pada adodc1 di hubungkan dengan datagrid lalu menginput data.Koding pada command button delete akan berjalan ketika datagrid di hubungkan dengan adodc1 lalu menghapus semua data yang ada di kolom text maupun yang ada di kolom datagrid yang sudah di input sebelumnya. Koding pada command buttin clear hanya berguna untuk menghapus data yang ada di text. Koding exit untuk mengakhiri program atau keluar dari program.
Cara mengkoneksikan  antara data pada label dan teks dengan adodc dan data grid :
Klik add-ins, visual data manager lalu akan muncul lembar kerja baru yaitu vis data . pada vis data klik file, new, Microsoft accsess, pilih version 7.0 MDB. Seperti di bawah ini

Pada properties klik new table, lalu add table name Mahasiswa. Pada field list, add file sesuai dengan yang ada di label . Lalu klik Build the table.

Klik kanan pada ADO DC, pilih ADO DC properties use connection string  pilih build. Klik kanan pada ADODC lalu pilih ADODC properties. Klik General tab lalu pilih Microsoft Jet OLEDB 4.0, Provider lalu Next. Pada Connection tab browse dan pilih database yang di buat. Test Connection, sukses tekan OK. Klik kanan ADODC, lalu ADODC properties. RecordSource, pada Command Type pilih add CMTable. Pada Table or Stored, pilih Nama Database yang di buat. OK.

  
Jika semua sudah dihubungkan, lalu ubah DataField sesuai dengan label yang di buat dan DataSource diganti menjadi ADODC 1 pada semua Text Properties,





OUTPUT


 

3 comments: