Tuesday, December 25, 2012

Kesalahan dalam Penulisan Spanduk

Di Indonesia ternyata memang banyak sekali kesalahan penulisan yang beredar di masyarakat baik itu dalam bentuk baligho, spanduk, plang nama ataupun pamflet yang digunakan untuk memberikan pengumuman. Kembali dipertanyakan apakah kesalahan penulisan ini karena ketidak tahuan atau karena untuk mencari perhatian.
Berikut contoh-contoh kesalahan dalam penulisan ejaan di spanduk:
Kalimat pada spanduk diatas, ada ejaan yang tidak tepat, yaitu kata MEMBAGUN itu tentunya yang dimaksud adalah MEMBANGUN. Walau salah tulis, orang cenderung membacanya secara benar.
Masyarakat Indonesia seringkali menulis istilah-isilah asing dan di campur dengan bahasa Indonesia. Pada contoh diatas, CETAK PHOTO seharusnya ditulis CETAK FOTO, BLUTUT seharusnya ditulis BLUETOOTH, FLADIS seharusnya ditulis FLASHDISK, SKEN seharusnya ditulis SCAN, POTO seharusnya ditulis FOTO.
Dan terakhir spanduk diatas. JUWAL MATERIYAL terlihat sekali spanduk diatas terlalu berlebihan dalam penggunaan huruf, penulisan yang benar seharusnya JUAL MATERIAL.
Tapi terlepas dari hal tersebut, apabila kita membuat media informasi untuk orang lain sebaiknya yang sesuai dengan aturan penulisan dan dapat dimengerti oleh pembaca. Jika melihat kejadian seperti diatas akhirnya hanya bisa membuat tersenyum bahkan tertawa.

Sumber

No comments:

Post a Comment